tanda tanda kehamilan

Tanda tanda kehamilan

Kehamilan merupakan masa-masa yang banyak dinantikan oleh pasangan suami istri. Bagi sang istri yang berencana hamil, ia selalu memerhatikan kondisi diri apakah ia sudah hamil atau belum. Berikut ini ada berbagai macam tanda-tanda kehamilan yang sering dijadikan petunjuk. Beberapa tanda-tanda kehamilan diantaranya adalah :

1. Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi adalah salah satu bukti dini dari kehamilan. Bagi wanita normal yang mengalami menstruasi secara teratur, apabila ia sudah terlambat misalnya 1 minggu maka kemungkinan besar ini merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Namun, hal ini dapat dikatakan benar bila diikuti oleh gejala-gejala dini lainnya yang juga tejadi. Mengacu tanda tanda yang pertama ini, calon ibu bisa mencari tahu tentang mengenal masa kehamilan dan tips kehamilan untuk menjalani masa selanjutnya.

2. Perubahan Payudara

Apabila payudara terasa nyeri, berat dan, ada gejala awal perubahan payudara. Hal ini disebabkan oleh pigmentasi, perubahan puting, sekresi kolostrum, dan perbesaran vena. Perubahan ini signifikan pada wanita yang belum pernah hamil.

3. Mual dan Muntah

mual dan muntah

tanda tanda kehamilan mual dan muntah

Rasa mual dan kemudian diikuti muntah sering terjadi. Banyak wanita mengalami frekuensi berbeda dari mual, pusing-pusing dan muntah. Hal ini sering disebut morning sickness dikarenakan gejala-gejala tersebut sering terjadi di pagi hari (setelah sarapan pagi). Morning sickness adalah respon awal tubuh terhadap tingginya kadar progesteron. Gejala biasanya menghilang pada tiga bulan atau terkadang bisa lebih lama.

4. Frekuensi Kencing (Berkemih)

Tekanan akibat perbesaran uterus pada kandung kemih menstimulasi saraf dan merangsang keinginan untuk buang air kecil selama kehamilan.

5. Keputihan

Cairan putih atau kekuningan yang keluar dari vagina disebabkan oleh peningkatan sekresi vaginal akibat efek stimulasi hormon pada kelenjar dan peningkatan suplai darah ke pelvik.

6. Sembelit

sembelit

sembelit

Sembelit sering terjadi pada wanita hamil. Ini terjadi karena perubahan hormonal dan penekanan rahim yang semakin membesar. Maka pada wanita hamil biasanya akan sering kencing namun sebaliknya mereka akan kesulitan buang air besar yang menyebabkan sembelit.

7. Sensitif Terhadap Bau-Bauan

Perubahan hormon pada wanita hamil juga terkadang memengaruhi indra penciuman. Wanita hamil sering mengeluh terhadap bau-bauan yang asing atau bahkan menyengat. Hal tersebut mengakibatkan beberapa wanita hamil langsung merasa pusing, mual, dan kemudian ingin muntah jika membaui sesuatu yang tidak disuka.

8. Varises

Varises merupakan pembesaran pembuluh darah yang tampak dari luar. Sebagian varises terjadi pada kehamilan yang berulang. Varises disebabkan hormon kehamilan dan sebagian lagi karena keturunan.

9. Kelenjar Endoktrin (Pembengkakan)

Beberapa fungsi kelenjar endoktrin mengalami distorsi pada masa kehamilan seperti kelenjar tiroid yang semakin membutuhkan yodium. Umumnya, kelenjar tersebut kembali normal saat melahirkan

10. Perubahan Tulang dan Gigi

Wanita yang sedang hamil mengalami kerapuhan tulang dan gigi. Wanita hamil sering mengalami pembengkakan gusi atau gusi mudah berdarah. Hal itu disebabkan karena janin mengambil darah dan kalsium serta bahan penting lainnya untuk pertumbuhan tulangnya.

Kesepuluh hal tersebut merupakan tanda-tanda kehamilan. Namun, ada satu kebiasaan lain yang sering terjadi pada wanita hamil seperti mengidam, ini merupakan keinginan terhadap sesuatu yang sangat kuat yang biasanya dibilang bawaan maupun dianggap sebagai kebutuhan bayi yang dengan medis tidak dapat dibuktikan secara teori.

Tags: , ,


Comments are closed.